BAHAS MASALAH PROTEKSI BMS YANG ADA PADA MOTOR LISTRIK GESITS


Topik menarik buat dibahas karena disamping banyak yang menyukai motor listrik Gesits juga haters melimpah padahal produk dalam negeri. Benar bahwa kelemahan Gesits ada di battery-nya, terlalu bagus spec-nya akibatnya harga jadi mahal, juga terlalu banyak proteksi di BMS yang akhirnya dikeluhkan menjadi istilah "ngempos" karena jalan nya gak lagi "gesit" malah loyo.


Gak sedikit yang mengalami ngempos, bahkan ada yang baru beli sebulan! sebenarnya macam2 ngempos-nya dan gak semua orang mengalaminya salah satunya di mode Sport, dimana outputnya persis sama dengan mode Urban alias max kecepatan dibatasi 70kpj, buat yg taat aturan ini bukan persoalan tapi ada juga yang kecewa karena gesits punya orang lain bisa melaju hingga 95kpj.


Ngempos yang lebih parah di mode Sport lelet kayak siput atau bahkan gak bisa digunakan tapi mode Eco dan Urban normal, yang super parah power tiba-tiba hilang disemua mode. Ngempos juga akan muncul jika jalur komunikasi battery terputus (ini proteksi ekslusif dari Gesits), jadi buat yg coba-coba ganti pakai battery lain dijamin loyo walapun sudah pakai highdrain.


Sambil menunggu solusi dari masalah ngempos, saya memutuskan ikut meneliti apa sebenarnya kasus dibalik ini? akhirnya jadi sebuah alat semacam "emulator" yg bekerja seolah ada battery gesits yang bicara "bagus-bagus-nya saja" ke mid/controller padahal jalur komunikasinya sudah dipotong, artinya tidak ada lagi proteksi battery yang membuat Gesits menjadi ngempos, sementara itu BMS di battery tetap bekerja normal seperti proteksi cutoff sebab arus max, pembatasan arus saat tegangan rendah atau saat over charger dll. Setelah mencoba alat selama 2 minggu sukses menghilangkan ngempos di battery Gesits, pernah pinjem battery teman dan ngempos-nya-pun hilang dalam sekejap.


Sisi lain adanya modul emulator ini yang akhirnya diberi nama GAN adalah TERBUKA-nya proteksi battery di Gesits, user jadi bebas memilih battery apapun, jadi sekarang atau nanti setelah 3th battery beneran loyo Anda gak perlu kuatir lagi dg mahalnya biaya penggantian battery, mau pakai SLA, Lithium Ion, Lifepo4, LTO bekas atau baru BISA COLOK di konektor Gesits dan tetap bisa lari secepat gesit.


Akhir kata: Selamat berburu GESITS!, karena spec motor maupun controller-nya bagus dan gak perlu ubahan apapun, mau tanjakan digunung dan jalan lurus dikota bisa dilibas. Salam dari pengguna Gesits, bukan salesman maupun orang dalam Gesits.












Older Posts