PERBEDAAN BATERAI VIAR 60V ANTARA GENERASI PERTAMA DAN KEDUA



Viar baru saja mengeluarkan motor listirk terbarunya yaitu N1 dan N2 dan sebelumnya juga ada update untuk motor listrik seri Q1 yang bentuknya seperti vespa, update terbaru ini membawa beberapa arah perubahan pada setruktur baterai untuk yang seri 60 volt. Tentunya versi terbaru itu lebih baik namun disini admin lapak aman akan membahasnya lebih detail perubahan apa saja yang dibawa oleh baterai terbaru dari viar dibanding dengan versi sebelumnya.



Bentuk

Pada generasi pertama bentuk baterai berbentu kubus mengkotak mirip seperti Aki mobil yang berisi cell baterai lifepo4. Sedangkan bentuk baterai pada generasi ke 2 berbentuk persegi panjang mirip baterai smartphone berukuran jumbo. Bentuk baterai berhubungan langsung dengan model motor dan sepeda listrik yang kompatibel untuk menggunakan baterai tersebut Bentuk baterai generasi terbaru tergolong masih baru dan sepertinya generasi motor viar terbarupun akan menggunakan versi terbaru ini.



Bahan dan Kerangka

Pada generasi pertama case terbuat dari logam besi biasa, sehingga resiko terjadi korosi dan ini juga sudah banyak pengguna yang melaporkan bahwa beberapa kasing pada generasi petama ada yang berkarat, yang ditakutkan karat ini melebar ke bagian lain terutama cell batery yang bisa membahayakan. Sedangkan pada baterai generasi ke dua kasing terbuat dari aluminium yang tidak akan berkarat, kerangka dalam pada baterai juga dilapisi oleh pembatas plastik antara cell baterai dan kasing aluminium sehingga mengurangi resiko arus pendek.



Cell Baterai

Cell bateri pada generasi pertama menggunakan merek yang tidak diketahui dengan sepesifikasi 2000mah, sedangkan pada generasi ke dua menggunakan merek EVE-26v 2600mah dimana beberapa youtuber yang hobi mengulas dunia elektronika menyebutkan bahwa merek ini memiliki kualitas yang cukup bagus dan jauh lebih bagus jika dibandingkan dengan cell bateri pada generasi pertama.



BMS dan Port Socket

Jika diperhatikan komponen elektronik pada mainboard BMS di generasi kedua terlihat lebih kompleks yang menandakan adanya peningkatan kualitas pada komponen ini. Selain itu socket atau colokan baterai pada generasi kedua sudah menggunakan colokan water prof artinya tahan percikan air, sehingga ini lebih aman jika digunakan ketika hujan.













Older Posts