MODUL LAMPU TCS DAN ABS YAMAHA XMAX HIDUP KETIKA JALAN


Malam om sekalian, mau diskusi sedikit nih. saya pengguna Xmax tahun 2017 di Jakarta, kondisi mesin dan kaki-kai standar semua. Pemakaian harian untuk kerja, jalan santai tipe tangan sekolah. Nah belakangan ini semua lampu sensor di Speedometer sering nyala diikuti petunjuk kecepatan mati. Namun setelah kontak dimatikan kemudian dinyalakan lagi, lampu tcs dan abs mati, tersisa lampu engine check yg tetap menyala. Sudah clear history di Beres punya teman, akhirnya mati namun kumat lagi bgitu. Kata mekaniknya kemungkinan modul absnya, dan disarankan untuk bawa ke bgkl yg pengalaman sm abs, krna klo di beres opsinya cm 1 yakni ganti modul.


Hasil baca-baca info di grup Facebook Xmax Indonesia, biasanya masalah tersebut benar muncul akibat modul ABS yang rusak. Akhirnya saya bawa ke bengkel yang sudah berpengalaman dengan masalah ABS dan benar divonis harus ganti modul karena tidak bisa diservis lagi (ini dilihat dari gejala speedometer sampai mati ketika lampu sensor menyala). Saya ikuti anjurannya dan langsung mengganti modul di bengkel tersebut. Besok paginya ketika saya bawa jalan-jalan santai, semua sensor kembali menyala. Akhirnya saya kembalikan ke bengkel tersebut untuk dicek dan saya inapkan agar bisa dicek lebih leluasa. Bengkel tersebut bilang motor tidak ada masalah, modul ABS aman dan bahkan katanya sudah diganti lagi dengan modul baru lainnya.


Setelah diinfo demikian akhirnya motor saya ambil. Sayangnya ketika diperjalanan pulang, kembali masalah yang sama muncul. Yang jadi pertanyaan, Apakah masalah ini muncul hanya karena modul ABS bermasalah? Apakah tidak ada kemungkinan lainnya yg dapat menyebabkan masalah tersebut?


Mungkin suhu-suhu sekalian ada yg punya pengalaman, rekomendasi atau apapun. mohon bantuan insightnya ya om2 sekalian. Siapa tau ada pencerahan nih om supaya bisa segera sembuh ini si kucing (panggilan motor saya hehehe).


Jawaban

Ada beberapa kemungkinan yang memicu sensor ABS. Salah satu contoh sperti ban roda sudah aus. sehingga putaran roda berbeda yg menyebabkan rpm roda depan dan belakang tidak sama. Sensor ABS mengukur putaran roda dan jika putaran roda depan dan belakan berbeda terlalu jauh maka ABS dan Lampu indikator akan hidup. Faktor lain seperti mur roda belakang juga bisa aja bernasalah, menyebabkan goblag pada roda belakan dan sensor tidak membaca putaran roda secara akurat.












Older Posts