LEBIH BAGUSAN MANA UBAH MOTOR BENSIN JADI LISTRIK ATAU BELI MOLI


Halo teman-teman semua kali ini saya akan membahas perhitungan mengenai opsi mana yang lebih enakan, apakah ubah motor bensin alias mosin menjadi motor listrik atau beli motor listrik alias molis yang udah jadi? disini kita akan bahas point-point penentunya. Sebenarnya lebih enak mana itu tergantung diri anda sendiri ya, karena ada beberapa orang yang memiliki peluang yang lebih mudah atau sangat mudah untuk membuat molis.



Naiknya harga BBM bensin yang tinggi selama tahun 2022 memaksa kita mencari alternatif kendaraan yang biasa kita pakai, yaitu menjadikan motor listrik menjadi opsi utama, hal ini dikarenakan beberapa part memang sudah dibuat diapsaran seperti dinamo, kontroller, pegas, dll. Sehingga kitahanya perlu merakit kerangka dan menggabungkan kombinasi tiap partnya dengan kebutuhan kita, apakah kita menginginkan molis yang mampu menempuh jarak hingga luar kota atau hanya untuk perjalanan dalam kota saja, dimana ini akan menentukan harga modal dalam membangun sebuah molis.



Perbandingan BBM dengan Molis

Misal jarak tempuh anda menghabiskan bensin 450rb sitap bulan, maka didapat 450rb/30 hari =15rb/hari = 1.5liter/hari setara pertalite/hari yang sama dengan jarak tempuh 75km/hari. Hitung 15rb dikali penggunaan selama 3 tahun atau 365 hari sama dengan Rp 16.425.000. Kita mulai hitung baterai motor listrik, baterai gesit 1 slot 8 juta jarak tempuh 50km, dan jika 2 slot berarti 16 juta jarak tempuh 100km. Motor bensin 75km 3 tahun 16.425.000 gesit 2 baterai 100km 3 tahun 16.000.000. Dan perli diingat bahwa perhitungan ini tidak termasuk biaya ngecas pada molis, pergantian oli, kampas, kopling, busi, service rutin, dll pada mosin.



Kemungkinan Buruk Jika Pilih Opsi Ubah Mosin Jadi Molis

Seumpa anda memilih opsi konversi mosin ke molis, hal ini memang bisa sesuai keinginan. Akan tetapi pasti akan ada tahapan trial dan erornya yang tidak bisa dihitung banyaknya dan berapa biaya tambahnnya. Sehingga paling aman bagusnya beli molis yang udah jadi mas, karena sudah terjamin dan ada garansi. Tetapi ini kembalikan lagi pada anda sendiri mau yang simpel apa yg makan banyak waktu, jika ingin merakit sendiri anda akan melihat alur prosesnya yang bisa dijadikan pengalaman.



Molis Untuk Jarak Dekat Mosin Untuk Luar Kota

Jika jadi saya, saya lebih memilih untuk tetap menyimpan motor bensin karena saya sendiri masih butuh perjalanan jarak jauh, dimana ini hanya bisa ditempuh menggunakan motor berbahan bakar bensin dikarenakan sarana dan prasarana motor listirk di indonesia belum merata alias hanya tersedia kota-kota besar saja, seperti swap baterai, jadi agak kawatir jika memaksa menggunakan motor listrik untuk jarak jauh. Namun untuk perjalanan dekat masih dalam satu kota maka saya tinggal memakai motor listrik yang udah di cas full.












Older Posts