CURHATAN PENGGUNA MOTOR LISTRIK GESITS


Gesits saya sudah tidak bisa dipakai, lebih dari 2 minggu karena ke-2 baterainya diservice/claim garansi ke pabrik. gara-gara itu, kebutuhan mobilitas harus kembali ke Supra yang reabilitasnya sangat bisa diandalkan. kekurangannya hanya harus kembali jadi pengabdi Pertalite, yang hampir setiap hari harus isi bensin Rp. 20 ribu. lumayan cepat membuat dompet tipis.


Bagaimana ceritanya 2 baterai rusak? series of unfortunate events.

Perlu diketahui, settingan gesits saya ori pabrik, tidak ada modifikasi yang saya lakukan. kabel konektor baterai/belalai 1 buah. jarak tempuh harian sekitar 60-70 km. Awalnya ketika saya ingin tes jarak tempuh baterai, bertepatan dengan momen ada acara ke Sidoarjo (domisili di Surabaya). saya bawa 2 baterai, rencana 1 baterai saya pakai dengan mode U dan 1 baterai lainnya dengan mode E. sehingga tahu estimasi jarak yang bisa ditempuh, dengan batas bawah prosentasi baterai 20%.


Yang bermasalah baterai yang saya pakai untuk mode U. ketika sampai di kondisi baterai 20%, bertepatan sampai di jembatan flyover dekat Museum Mpu Tantular. ketika turunan dari jembatan motor tersendat dan keluar suara jedak jedug. saya berhenti cek kondisi suhu baterai, suhu sekitar 47-49 derajat celcius. jarak tempuh pas 40 KM dari kondisi penuh. kemudian saya ganti bateri dan meneruskan perjalanan, motor normal kembali. suara jedak jeduk setelah cari-cari info, kemungkinan besar adalah baterai yang menolak arus regenerative braking karena overheat. saya melanjutkan perjalanan dengan mode E dan berhasil pulang dengan sisa baterai 42% dan jarak tempuh mode E sejauh 40 km.


Namun masalah baru dimulai, baterai yang saya gunakan untuk mode U mulai memberi tanda-tanda untuk menolak untuk dicharge. saya selalu mendinginkan baterai dengan kipas setelah dipakai, biasanya 15 hingga 30 menit, tergantung suhu baterai. dalam beberapa kali pengisian, sempat menolak dicharge walaupun akhirnya bisa dicharge. namun seberapa hari kemudian, baterai menunjukkan gejala lost power beberapa kali dan sama sekali tidak bisa dicharge. baterai blinking 3 x kemudian 9x. akhirnya baterai tersebut saya serahkan kan Service Gesits yang disarankan oleh CS gesits.  baterai saya klaim garansi di Gesits Tidar tanggal 10 Sept 2022. posisi km MID motor pada 2816 km. hingga saat ini belum ada tanda2 baterai selesai. Motor gesits saya beli lewat BliBli.com dan dilayani oleh Gesits Tirta Motor Official Store. pembelian motor awal bulan Juni 2022.



Sempat dijanjikan ada baterai pengganti sementara, namun akhirnya tidak ada penganti dengan alasan tidak ada baterai tersedia. akhirnya saya terpaksa mengunakan 1 baterai untuk kegiatan mobilitas sehari-hari. ternyata 1 baterai ini jadi overwork. untuk mengindari overheat saya selalu mengunakan mode E. namun ternyata hal ini masih tidak mengatasi masalah. baterai selalu panas setelah digunakan, dan mulai ada tanda-tanda kabel juga panas. puncaknya pada tanggal 26 sept 2022, motor saya sering lost power dan konektor baterai dan kabel meleleh sehingga tidak bisa dicabut. akhirnya tanggal 29 Sept 2022 saya klaimkan baterai agar bisa diperbaiki. dari dealer menginformasikan bahwa konektor baterai tidak termasuk garansi, namun saya tetap meminta diperbaiki pabrikan untuk mengindari garansi void. garansi baterai harusnya berlaku 3 tahun. posisi km MID motor pada 4213 km.


Saat ini saya harus bersabar dan berharap agar baterai saya bisa segera sembuh dan bisa saya gunakan. kedepannya saya mempertimbangkan untuk mengunakan double belalai (baterai pararel), karena jika sharing pengalaman di komunitas GRID, konfigurasi ini membuat baterai tidak terforsir dan suhu tetap rendah. BLDC gesits memiliki rated 2000watt dengan peak 5000watt, kira-kira butuh 28 ampere hingga 70 ampere ketika jalan. padahal single baterai Gesits hanya memiliki kapasitas 20ah, ini membuat baterai harus mengeluarkan lebih dari kapasitasnya untuk menjalankan motor. dampaknya baterai overwork dan overheat. saya belum mengunakan konfigurasi ini karena dibuku garansi tertulis (kalau saya tidak salah baca) bahwa perubahan kelistrikan dapat mengugurkan garansi, walaupun dilakukan oleh dealer sekalipun. hingga saat ini belum ada pernyataan yang jelas terkait pengunaan double belalai oleh pabrikan.


UPDATE: dapat informasi jadi dealer, bahwa baterai pertama yang saya claim sudah selesai dan sedang dalam perjalanan. saya juga dapat janji bahwa akan diberi pinjaman baterai selama baterai ke dua dalam proses garansi. semoga dalam minggu ini Gesits saya sudah bisa mengaspal.












Older Posts