APPLE MAGIC MOUSE GEN 2 VS LOGITECH MX MASTER 3


 

Halo sobat lapakaman, kali ini saya akan membahas sebuah aksesoris komputer yaitu membandingkan mouse wirreless terbaik Logitech MX Master 3 dengan Magic Mouse gen 2 dari Apple. mouse merupakan perangkat yang membantu pengguna untuk mengontrol perangkat komputer dengan menggerakkan kursor, kursor tersebut memiliki beberapa fungsi, jika di arahkan pada ikon lalu melakukan double click kiri maka kita akan membuka icon tadi, jika icon tadi merupakan icon aplikasi maka yang terjadi adalah kita akan membuka sebuah aplikasi.


Saat ini mouse bukan lagi berguna sebagai alat menavigasi kursor, tiap merek menawarkan banyak fungsinya mulai dari akurasi scrolling yang sangat semooth, lalu ada desain gaming yang menwarkan latency yang kecil, lalu adanya fitur tambahan pada mouse seperti touchpad di permukaan mouse sehingga bisa melakukan suatu pola sentuhan pada permukaan mouse untuk membuka perintah tertentu dan masih banyak lainnya.



Nah dan kali ini saya akan membandingkan mouse Logitech MX Master 3 dengan Apple Magic Mouse gen 2, alasannya karena Logitech MX Master 3 merupakan mouse terbaik saat ini menurut saya, karena cocok untuk kebutuhan kerja, gamin dan lainnya. Sedangkan Apple Magic Mouse gen 2 merupakan mouse wirreless terbaik dari Apple saat ini dan kompatibel dengan banyak perangkat Apple terutama Mac series.



Apple Magic Mouse Memiliki Touchpad

Yup seperti yang saya sebutkan diatas, apple magic mouse gen 2 memiliki touchpad sehingga anda bisa memberikan perintah input sentuhan pada permukaan Apple Magic Mouse gen 2. Biasanya sentuhan ini digunakan untuk melakukan gulir, melakukan zoom gambar, berganti aplikasi jika menggunakan 3 jari sambil mengusap mouse. Ini membuat Apple Magic Mouse memiliki variasi input selain fungsi navigasi kursor, bagi yang pertama kali menggunakan Apple Magic Mouse pasti memerlukan kebiasaan supaya dapat mengontrol sebuah komputer Mac dengan lancar menggunakan Apple Magic Mouse. Sedangkan Logitech MX Master 3 masih menggunakan tombol scrolling yang menyebabkan terbatasnya fungsi tertentu yaitu tombol tengah dan gulir atas bawah.



Scrolling Hingga 1000 Alenia Pada MX Master 3

Walaupun MX Master 3 masih mengandalkan tombol scrolling namun ia diklaim mampu bergulir hingga 1000 alenia dalam satu kali putaran. Logitech sepertinya telah mengembangkan teknologi kusus supaya mouse terbaiknya mampu melakukan hal ini, selain itu tombol scrolling juga terbuat dari metal membuatnya sangat kokoh dan mantap ketika ditekan maupun di putar. Ini berbeda kasus jika anda scrolling menggunakan toucpad pada permukaan Apple Magic Mouse gen 2 yang sepertinya akan terbatas pada kemampuan scrolling, anda hanya akan mampu scrol ketika mengusap mouse sedangkan Logitech MX Master 3 akan tetap melakukan scroling selama tombol scrolling terus berbutar hingga berhenti.



Apple Magic Mouse Hanya Bisa Di Gunakan Di Perangkat Apple Tertentu

Kekurangan lain yang dimiliki Magic Mouse adalah ia hanya dapat digunakan diperangkat Mac dan iPad, selain dari perangkat tersebut mouse ini tidak akan berguna. Jika anda membeli komputer PC Windows lalu mencoba menggunakan Magic Mouse maka mouse ini tidak akan bisa digunakan. Ini merupakan kekurangan telak karena menyangkut kompatibilitas, bahkan pada perangkat iPhone Apple Magic Mouse gen 2 tidak dapat digunakan. Ini berbeda dengan Logitec MX Master 3 yang dapat digunakan dihampir semua perangkat bahkan iPhone sekalipun.



Port Colokan Charger

Lagi-lagi ini menurut saya merupakan kekurangan yang harusnya mampu dihilangkan oleh Apple yaitu port colokan Apple Magic Mouse gen 2 yang ada dibawah mouse. Ini mungkin tidak akan membawa masalah ketika digunakan namun masalah akan muncul ketika mouse mulai kehilangan daya dan minta di charger tetapi diwaktu bersamaan anda masih memerlukan Apple Magic Mouse anda untuk menyelesaikan pekerjaan. Berbeda jika anda menggunakan Logitech MX Master 3 dimana port colokan ada di depan dan masih mungkin menggunakan mouse sambil mencharger.













Older Posts