YANG PERLU DI PERSIAPKAN KETIKA INGIN MEMBUKA USAHA BISNIS ANGKR


Halo sobat pembaca setia lapakaman, kali ini saya akan membahas mengenai kewirausahaan yang cocok bagi kalangan anak muda seperti kita ini. Semakin dewasa kita semakin di latih untuk mandiri, mulai dari menyiapkan keperluan sehari-hari hingga pendapatan alias uang. Mumpung masih muda saya yang mulai memikirkan apa saja yang menjadi tanggung jawab ketika telah menikah lalu punya anak, tentu hal tersebut memerlukan uang untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari.



Membayangkan hal tersebut satu-satunya cara untuk mendapatkan penghasilan adalah terjun langsung ke wirausahaan dan kewirausahaan yang ingin aku bahas adalah membuka usaha angkringan. Kenapa angkringan ada beberapa poin yang saya pikir bahwa usaha angkringan itu cukup menjanjikan, yaitu : mudah cukup siapkan grobag didepan rumah di pinggir jalan beserta jajanan angkringan seperi biasa, banyak anak-anak mudah saat ini menghabiskan malamnya untuk ngopi-ngopi dan nongkrong di angkringan.



Lalu hal apa saja yang perlu di perhatikan ketika membuka usaha angkringan? dari pengalaman teman-teman saya yang membuka usaha angkringan yaitu tukang jaga, listrik, grobag, tempat mangkal, daftar jajanan, alat-alat ayng diperlukan, Tempat penyimpanan makanan dan yang paling penting adalah keuntungan. Selain itu juga ada modal harian yang perlu di keluarkan untuk menjalankan bisnis ini.



Tukang Jaga

Anda bisa bekerja sama dengan keluarga yang mungkin lagi nganggur atau teman anda, tetuntya ini haru dilakukan oleh orang kepercayaan anda, namun jika anda ingin mendapatkan keuntungan lebih anda bisa membuka warung angkringan tanpa partner dan sehingga tidak ada bagi hasil. Akan tetapi akan lebih seru jika bisnis di masa mudah dilakukan bersama teman, karena bisa mengundang teman anda dan teman dari partner anda untuk mengunjungi warung angkrinan baru milik anda sendiri.


Listrik dan Kompor Gas LPG

Pencahayaan untuk warung angkringan bisa diseting sederhana, untuk Listrik sebagai sumber energi lampu penerang bisa menggunakan batre senter rechargable, baterai yang mampu bertahan hingga 6 jam saja sudah cukup. Lalu kompor untuk memanaskan air ketika akan membuat hidangan mi telor, kopi, dll.


Grobag

Grobak angkringan digunakan untuk tempat anda memajang semua menu yang anda jual, menyimpan alat-alat selagi tidak diperlukan dan menyimpan stok menu. Harga grobag angkringan sendiri cukup bervariasi mulai dari 1.5 juta hingga belasan juta rupiah dan ketika saya membuka toko ecommerce harga grobag angkringan dengan harga 1.5 cukup terlihat menarik, cocok untuk yang sedang memanfaatkan modal semaksimal mungkin. Namun saya juga menemukan ada beberapa grobag angkringan yang disertai roda dengan harga 2jt an rupiah, ini cocok bagi anda yang suka berpindah-pindah lokasi untuk berjualan.


Lokasi dan Waktu Operasi Angkringan

Lakasi dimana anda berjualan angkringan sangat penting, tempat-tempat sibuk seperti dekat dengan sekolah, kos-kosan, tempat kerja menjadi lokasi yang sangat strategis. Banyak muda mudi yang memanfaatkan angkringan ini untuk bersantai ketika istirahat atau pulang kerja. Selain itu waktu juga bisa jadi penentu keramaian, bagi anda yang sedang kulian anda bisa membuka angkringan pada jam malam karena saat ini banyak sekali muda mudi yang begadang hingga malam dan banyak diantara mereka mampir untuk sarapan mi telor dan es teh.


Daftar Jajanan Dan Perkiraan Modal Harian

Kebanyakan angkringan menjual minuman instan kopi instan contohnya Good Day, Luwak White Coffe, Chocholatos, Milo, dll. Selain itu juga menjual anekaragam jajanan dan cemilan seperti mendoan, tempe, tahu, sempolan, sosin bakar, bakso bakar, telor gulung, nasi kucing, dll. Untuk modal sendiri kita coba hitung modal harian, anda kulakan sosis perpak isi sepuluh biji dengan harga 5rb rupiah, dan ketika anda olah menjadi sosis bakar anda jual persatuannya dengan harga 1rb rupiah per 1 biji, maka disini anda bisa untung 2x lipat dari harga kulakan. 


Alat-alat Yang Diperlukan

Disini anda memerlukan beberapa alat seperti termos es untuk menyimpan es batu, wajan untuk menggoreng jajanan goreng, piring, sendok, mangkuk, priok, lap, tempat mencuci seperti ember yang cukup besar. 













Older Posts