TUTORIAL MEMBANGUN BISNIS LAUNDRY DENGAN BUDGET MINIM


Halo temen-temen semua masih setia kah dengan situs kami lapakaman? pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai bisnis yang bisa dijalankan di rumah atau juga bisa dibilang sebagai bisnis rumahan. Bisnis yang saya maksud yang dapat dijalankan dirumah adalah bisnis loundry, Laundry atau jasa cuci baju ini mulai marak di jalankan oleh ibu-ibu rumah tangga bahkan teman kuliah saya juga menjalankan bisnis ini untuk menyambung hidup dan dengan bisnis tersebut ia mampu membiayai dirinya untuk kuliah.



Kenapa bisnis Laundry siapa yang akan menjadi target pasar ketika kita membuka jasa bisnis Laundry? tentunya banyak yang menjadi target pasar, misal anak kos, anak pondok, para ibu-ibu yang sibuk kerja, dll. Bahkan jika di skala besar anda juga dapat bekerja sama dengan Rumah Sakit untuk membersihkan pakaian dalam jumlah besar tentunya ini akan mendatangkan cuan yang banyak. Namun bisanya dalam skala ini seseorang pengusaha akan terkendala oleh kapasitas dan kemampuan dalam mengeksekusi orderan, jadi bisa dibilang kemampuan suatu usaha Laundry memiliki batas tertentu.



Dengan melihat banyaknya target calon kastemer selanjutnya apa saja yang perlu dipersiapkan untuk membangun suatu usaha Laundry? untuk menjalankan usaha laundry tentunya kita memerlukan beberapa aspek seperti lokasi apakah dilokasi ada target calon kastemer untuk menjalankan bisnis ini? lalu persiapan alat dan bahan yang diperlukan seperti mesin cuci, setrika uap, beberapa jenis sabun pakaian seperti pemutih, pelicin, pewangi, lalu ada gas LPG untuk proses pengering menggunakan alat pengering pakaian, ada juga timbangan volume besar.



Jenis Mesin Cuci

Tidak semua mesin cuci cocok untuk di jadikan partner Laundry,  ada beberapa perbedaan utama pada mesin cuci khusus laundry dengan mesin cuci rumah tangga biasa. Pada mesin cuci laundry kapasitas mesin cuci laundry lebih besar, Ini penting karean pelanggan tidak ingin menunggu waktu lama sampai pakaiannya bersih, pastikan memiliki pelayanan yang cepat tanpa antri. Pilihan mesin cuci yang memiliki kapasitas 15 hingga 100 kg. 


Material mesin cuci full stainless steel Hampir digunakan setiap hari untuk bekerja dalam mencuci setiap jenis pakaian, material mesin cuci berkualitas tinggi harus dimiliki oleh setiap tempat usaha laundry. Material stainless steel secara menyeluruh pada body hingga tabungnya pada mesin cuci laundry dapat menjaga ketahanan mesin cuci bahkan jika digunakan dalam jangka waktu yang lama. Material jenis ini dapat bekerja dengan baik dalam mencegah karat hingga kerusakan lainnya yang bisa terjadi ketika proses pencucian berjalan.


Dibuat dengan mesin khusus Mesin cuci biasa yang mudah panas jika digunakan terlalu lama tentunya sangat berbeda dengan mesin cuci laundry yang tidak akan mudah panas, bahkan jika digunakan berkali-kali selama seharian. Kelebihan tersebut didapat dari mesin khusus yang sengaja didesain untuk mendukung bekerjanya mesin dalam mencuci banyaknya pakaian. Mesin khusus tersebut juga tidak mengharuskan mesin cuci untuk beristirahat setiap satu kali proses pencucian berakhir, sehingga waktu mencuci di tempat laundry bisa terbilang singkat meskipun kapasitas pakaian banyak.



Jenis Setrika dan Alat Pengering

Alat pengering yang dipakai Laundry memiliki peranan cukup penting dalam bisnis laundry. Apalagi ketika musim hujan, dryer laundry in menjadi salah satu barang yang paling dicari. Dalam perkembanganya, mesin dryer laundry lebih dari sekedar mengeringkan, bahkan mesin dryer laundry pabrikan yang bisa berfungsi sekaligus melembutkan. Selain mengandalkan energi matahari, dalam bisnis laundry yang sudah modern kini juga sudah banyak yang menggunakan mesin pengering otomatis /dryer supaya pengeringan pakaian lebih cepat. Ada 2 jenis dryer di pasaran, yakni yang bertenaga listrik atau menggunakan gas LPG.













Older Posts