TIPS MENCEGAH ERROR PADA VESTACP SUPAYA KESALAHAN SSL TIDAK TERU


Halo sobat lapakaman, pernah gak sih bagi kalian yang mengurus server cpanel yang menggunakan VestaCP mengalami error di bagian SSL letencrypt? error ini biasanya terjadi tiap beberapa bulan sekali dan terkadang juga error ini dijumpai ketika web yang sudah tertaut di VestaCP tidak dapat melakukan update sertifikat SSL Let Encrypt. Jalan satu-satunya untuk memperbaiki ini adalah dengan menginstal ulang server, tentu ini merepotkan karena kita tidak tinggal instal os tetapi kita harus melakukan backup data terlebih dulu yang ukurannya besar lalu melakukan konfigurasi server kembali, dan melakukan konfigurasi server ini tergolong rumit dan banyak sekali parameter yang harus diisi.



Hal ini pernah saya jumpai beberapa kali, waktu itu cara saya memperbaiki error SSL pada VestaCP ini dengan cara menginstal ulang os dan backup data seperti yang saya sebutkan diatas, karena melihat-lihat tutorial diinternet banyak yang tidak sama seperti lokasi folder data letencrypt lah dan lainnya. Akhirnya saya menemukan sebuah artikel sederhana pada forum vestacp dalam bahasa russia, error tersebut dikarenakan update VestaCP versi terbaru memiliki struktur yang berbeda dengan versi sebelumnya yang mengakibatkan error di beberapa fitur VestaCP salah satunya bagian SSL dan update SSL, begini cara memperbaikinya.



Cara Mencegah Error SSL Let Encrypt Pada VestaCP Supaya Tidak Terulang Kembali

Perlu diketahui cara yang akan saya berikan bukan untuk memperbaiki namun pencegahan, dengan cara mematikan fitur update otomatis pada menu dashboard VestaCP, caranya sebagai berikut :


  1. Buka server cpanel VestaCP lalu login.
  2. Buka menu Update.
  3. Pastikan kolom update otomatis tidak tercentang lalu simpan



Nah begitulah cara untuk mencegah kesalahan Error SSL Let Encrypt supaya tidak terulang kemabali, jika ada pertanyaan anda bisa menulisnya di kolom komentar yang telah saya sediakan, semoga berhasil.













Older Posts