PERKIRAAN BIAYA DAN PROFIT HARIAN MINING CRYPTO DENGAN PANEL SUR


Halo sobat miner crypto yang setia membaca artikel dari lapakaman, kali ini masih di masa gelap nya bagi para miner crypto karena kemari ETH baru saja melakukan merge dari PoW ke PoS yang artinya sudah tidak dapat ditambang lagi. Hasil dari perubahan algoritma ETH ke PoS ini mengakibatkan beberapa hal yaitu pindahnya dificult mining dari para miner koin ETH sebelum PoS ke koin lain, hasilnya koin yang sebelumnya profit untuk dimining menjadi tidak profit dimining karena tidak dapat menutup biaya listrik



Proses mining ini membutuhkan daya listrik yang cukup besar. sehingga ketika seorang miner terjun ke dunia mining yang pertama kali seorang miner pikirkan adalah apakah profit hari ini dapat menutup biaya listrik? Namun ada acara supaya listrik ini tidak lagi menjadi beban pikiran yaitu menggunakan sumber listrik gratis dan legal, salah satunya bisa menggunakan panel surya. Menggunakan panel surya sebagai sumber listrik tidak lahmurah, karena ada komponen lain yang harus terpasang ketika memasang panel surya misalnya converter yang merubah arus DC dari panel surya ke arus AC, perangkat ini tidaklah murah tergantung kapasitas listrik yang mampu di ubah.



Disini saya akan mencoba membuat hitungan kasar perkiraan biaya yang dibutuhkan untuk membangun listrik dengan kapasitas 10.000WP dan peralatan apa saja yang perlu disiapkan, selain itu berapa rig mining yang dapat di suply listrik ketika siang hari atau ketika ada terik matahari dan perapa penghasilan perbulannya. Tentunya ini hitungan kasar jauh dari kata akurat namun saya yakin akan ada banyak miner yang menggunakan metode ini karena ini merupakan pasive income Rp 0 tanpa biaya selama anda dapat menjaga mesin ada tetap optimal dan jauh dari kata kerusakan. Berikut alat apa saja yang perlu di persiapkan untuk membangun panel surya 10.000 wp.



Panel Surya

Ada 2 jenis panel surya yaitu monocrystaline dan polycrystaline, umunya yang terbaik adalah monocrystaline karena memiliki umur panjang hingga diatas 20 tahun. Secara garis besara harga per wp kira-kira Rp 1jt untuk 200wp atau Rp 2jt untuk 400wp sehingga dibutuhkan 25 buah panel surya yang memiliki kapasaitu 400wp untuk mendapatkan 10000wp. berikut link panel surya monocrystaline dengan kemampuan 400wp.


Inverter DC to AC Hybrid 2x6000watt

Ada tiga jenis inverter panel surya yaitu ongrid, offgrid dan hybrid. Saran saya belilah yang hybrid karena dapat di pasang dalam konfigurasi apapun. Saya disini akan menyarankan untuk menggunakan 2 buah inverter dengan kemampuan 6000watt padahal harusnya 5000watt, alasannya agar inverter tidak menggunakan kinerja maximalnya, karena jika inverter menggunakan kinerja puncak terus menerus takutnya perangkat inverter ini bisa rusak karena overheating. Berikut link untuk memberli inverter hybrid dengan kemampuan 6000watt.


Keuntungan Harian Dari Aktifitas Mining Menggunakan Panel Surya

Untuk menghitungnya kita bisa perkirakan berapa lama panel surya dapat mensuply listrik ke mesin rig, katakanlah 6 jam setiap hari selama ada terik matahari. Jika anda biasa mendapatkan $ 1 usd dalam satu hari menggunakan satubuah VGA RTC 3090 maka anda cukup membaginya menjadi empat yaitu $ 0.25 usd per hari karena mesin rig hanya beroprasi 6 jam sehari. Perlu diketahui untuk membangun panel surya anda masih membutuhkab beberapa hal lain seperti kabel, brecket panel surya supaya dapat di pasang di atap, dll.













Older Posts