KENAPA BAUT DARI LOGAM TITANIUM BEGITU MAHAL DAN TERKENAL


Halo teman-teman kali ini saya akan membahas mengenai baut titanium, kenapa baut ini begitu sspesial dimata pecinta otomotif apa yang membuat baut ini begitu spesial hingga memiliki harga yang mahal?. Bagi anda yang baru terjun ke ranah otomotif dan berniat ingin memodifikasi motor anda lalu anda menmukan baut yang begitu indah untuk di lihat dan ingin memasangnya tentunya anda akan kepo dengan baut tersebut.



Titanium merupakan logam yang unik, ia lebih ringan dan sekaligus lebih kuat dibanding dengan stainlessstel, hal tersebut yang membuat logam ini menjadi mahal. Tak hanya itu logam inipun juga tahan terhadap karat bahkan anti alergi sehingga logam ini juga berguna di dunia kedokteran dan di pakai pada alat-alat kedokteran seperti gunting, pisau bedah, penyangga tulang ketika terjadi patah tulang, dll.



Penggunaan Pada Otomotif

Lalu penggunaan titanium pada dunia otomotif, ada beberapa part yang menggunakan logam titanium biasanya menggunakan campuran logam lain dengan standart tertentu, yang paling umum pada otomotif adalah titanium grade 5 yaitu terdiri dari 6% aluminium, 4% vanadium, 0.25% (maximum) iron, 0.2% (maximum) oxygen, dan sisanya titanium.


Untuk daftar part yang memakai titanium ada baut dan mur yang paling umum tersedia untuk motor. Selain itu ada juga ring mur, lalu di bagian sistem pengereman ada monoblock biasanya di campur dengan nikel dan harganya sangatlah mahal, lalu ada part swingarm yang biasa di produksi oleh It Salaya, ada stang stanbar juga yang memakai bahan titanium. Sebagian kalangan otomotif juga membuat kerang frame motor menggunakan pipa besi titanium.supaya motor lebih ringan dan kuat.












Older Posts