INI DIA MENGAPA IPAD MINI 6 LEBIH LAMBAT DARI IPHONE 13


Halo sobat lapakaman! semoga kita selalu sehat dan diberi keberuntungan. Kali ini saya akan membahas mengenai fenomena iPad mini 6 yang berjalan cenderung lebih lambat ketimbang iphone 13, karena ditemukan di beberapa kasus seperti ketika bermain game, test sekor performa menggunakan aplikasi bencmark, dll. Padahal iPad mini 6 dan iPhone 13 sama-sama menggunakan chipset bionic A15 yang terkenal gahar dan mampu melibas semua game dan aplikasi berat, oleh karenanya saya jadi penarasan dan mulai mengulik mengenai penyebab iPad mini 6 lebih lambat dari iPhone 13, yuk kita cari tahu sama-sama!.



Pertama kita perhatikan spek yang dapat mempengaruhi performa dari kedua device tersebut, kita mulai perhatikan resolusi layar padahal layar ipad memiliki resolusi lebih kecil dari iphone 13, iphone memiliki resolusi 2778 x 1284 pixels, sedangkan  iPad mini 6 memiliki resolusi 2266 x 1488 pixels, ini cukup aneh karena semakin besar resolusi layar maka akan semakin membebani performa device ter sebut! hmmmmm!! jadi mikir kan ya? kok iPad malah lemot harunya kan malah lebih kenceng.



Clock Speed Chipset Bionic Pada iPad Diturunkan

Beberapa artikel menybutkan bahwa salah satu faktor yang menjadi penyebab performa iPad mini 6 tidak sekencang iPhone 13 adalah karena chipset bionic A15 pada iPad mini 6 di underclock. Mari kita masuk ke dalam database Geekbench, didalam labelnya terdapat informasi yang menunjukkan bahwa Apple A15 di iPad mini 6 berjalan pada kecepatan clock 2.93GHz. Frekuensi clock ini sedikit lebih rendah daripada di iPhone 13, di mana A15 memiliki clock 3.2GHz. 


Dengan demikian, skor benchmark iPad mini 6 dua hingga delapan persen lebih rendah daripada iPhone 13. Dalam benchmark multi-core, iPhone 13 Pro mencetak rata-rata 4660 poin, sedangkan iPad mini 6 hanya mencetak 4540 poin. Dalam tes Geekbench single-core, iPhone 13 mencetak skor 1730 dan iPad mini 6 mencetak rata-rata 1595 poin. Namun seharusnya dengan penurunan clock speed yang sedikit lebih rendah, penurunan performa seharusnya tidak terlalu signifikan bukan begitu?.



Software iPad OS Yang Tidak Dioptimalkan

Beberapa pengguna game Mobile Legends mengeluh soal game pada iPad mini 6 tidak selancar ketika memainkan game Mobile Legends di perangkat iPhone 13, masih ditemukannya frame drop ketika battle atau war. Sebelumnya frame drop disebabkan karena chipset bionic mengalami over heating, dan seharusnya dengan permukaan aluminium yang lebih lebar pada iPad mini 6, over heating lebih terminimalisir.


Beberapa pengguna yang memiliki kedua device beranggapan bahwa hal ini disbebakan karena optimisasi software pada kedua device tidak sama, hal ini disimpulkan dari pengalaman mereka ketika mendapatkan update software game Mobile Legends pada App Store iPhone dan iPad tidak terupdate secara bersamaan, selalu ada jeda dan terkadang ada update khusus pengguna iPhone ada juga update khusus pengguna iPad.













Older Posts