HAL YANG MENJADI KEKURANGAN KETIKA ANDA BERALIH DARI OS WINDOWS


Halo gaesh selamat datang di situs lapakaman, kali ini saya akan membahas mengenai kendala apa yang munkin terjadi ketika anda mencoba beralih dari windows ke Mac OS entah itu devicenya Macbook, Mac, Mac mini atau juga anda dapat mencoba menginstal Mac OS di komputer biasa yang bukan hasil produksi Apple. Jika anda merupakan pengguna awal pada perangkat komputer munkin bukan masalah besar karena belum ada adaptasi yang dalam dengan ekosistem pada os komputer tersebut, akan tetapi bagi anda yang sudah lama bermain-main di dunia perkomputeran tentu akan muncul beberapa masalah.



Kita tahu bahwa pengguna OS Windows melimpah dan tidak bisa dibandingkan dengan pengguna OS Mac, namun dengan segala inovasi yang dilakukan Apple pada chipset silicon-nya yang dapat menekan penggunaan energi listrik tetapi mampu mendongkrak kinerja membuat para pengguna OS Windows mulai kepincut untuk beralih ke OS Mac, satu-satunya kendala untuk memiliki perangkat Mac adalah harga yang amat tinggi, oleh karena itu perangkat Mac kebanyakan dimiliki oleh kalangan pebisnis atau yang telah berkarir.



Kendala Ketika Kerja Tim Dengan Dosen, Teman, Partner

Hal pertama yang paling sering terjadi ketika kita berada di ruang lingkup kerja tim, kenapa begitu? umumnya beberapa teman kerja kita masih mengguna OS Windows dan kita tahu bahwa beberapa aplikasi windows tidak tersedia di versi Mac OS dan ketika kita tidak menemukan aplikasi-nya disinilah akan timbul masalah. Solusinya anda harus mencari aplikasi lain yang fungsinya serupa supaya kerja tim tetap berjalan semestinya, namun jika tidak maka harus kembali lagi ke OS Windows hingga job selesai.



Kompatibilitas Software

Ini mirip dengan poin diatas tetapi mungkin lebis spesifik ke software, kita tahu bahwa beberapa software yang tersedia pada OS Windows itu juga tersedia pada Mac OS akan tetapi setelah di teliti ada beberapa perbedaan. Misalnya apliaksi microsoft office, aplikasi ini memang tersedia di Mac OS namun ketika kita meneliti lebih dalam maka akan ada beberapa fitur yang tidak akan kita temukan di versi Mac OS, misalnya fitur pengolaan tabel pada microsoft word yang tidak selengkap versi OS Windows. Entah ini kesengajaan dari microsoft atau tidak akan tetapi ini akan menggangu ketika kita membutuhkan fitur tesebut saat menggunakan perangkat Mac.



Jumlah Game Yang Masih Sedikit

Jika anda seorang gamer maka ini bisa menjadi petaka ketika harus menggunakan perangkat Mac OS, karena perangkat ini ternyata masih sedikit jumlah game-nya, hanya game-game terkenal saja dan itupun tidak semua game terkenal. Hal ini lantaran microsoft memiliki mesin konsol yang bernama XBOX yang menjadi pesaing consol PlayStation, microsoft merancang game pada Xbox supaya mudah untuk di porting ke OS Windows dan itulah salah satu penyebab windows memiliki banyak game yang dapat dimainkan. 


Namun kabarnya Apple saat ini sedang berinvestasi besar-besaran di sektor game, dengan chipset Apples Silicon buatanya M1 dan M2 Apple dengan percaya diri bahwa chipset miliknya mampu memainkan game triple A dengan enteng. Akan tetapi biasanya efeknya setelah beberapa tahun kedepan baru akan muncul game-game terkenal yang dibuat untuk Mac OS, gak munkin kan Apple hari ini investasi di sektor game lalu besoknya dia bisa keluarin game-game terkenal, ada proses yang biasanya bertahun-tahun. 



Terjadi Perubahan Ekosistem

Hal yang paling terasa adalah ketika anda melakukan transfer file yang sebelumnya dari Android ke Windows sekarang dari Android ke Mac maka akan muncul kendala. Ini seperti fitur-fitur pada Mac tidak muncul yang sama seperti ketika kalian melakukan transfer file antar iPhone ke Mac.



Kendalah Pengoperasian

Pada awal pengoperasian tentunya anda akan dibuat bingun dengan keberadaan menu dan submenu pada Mac OS, walaupun ini akan terselesaikan seiringnya waktu dengan jam terbang tinggi menggunakan Mac OS. Misal anda ingin melihat informasi perangkat keras, sebenarnya mudah untuk mengeceknya namun jika anda belum pernah menggunakan perangkat Mac tentunya akan kebingungan lalu untuk menyelesaikan masalahnya anda akan buka Google atau Youtube untuk melihat tutorial nya.












Older Posts