DAFTAR PERANGKAT ELEKTRONIK RUMAH YANG BIASA MENGGUNAKAN PANEL S


Halo teman-teman pembaca lapakaman, krisis energi saat ini sedang dialami oleh berbagai negara dibelahan dunia terutama eropa, setelah eropa memberi sangksi kepada rusia akibat dari perang dengan ukraina. Sangsi ini memicu rusia untuk menghentikan stok gas ke eropa yang menyebabkan krisis energi diseluruh dunia, hal ini juga menyebabkan inflasi diseluruh dunia.



Tetapi disini kita tidak fokus membicarakan perang melainkan penanggulangan krisis energi salah satunya dengan panel surya. Panel surya merupakan opsi terbaik untuk menggatikan listrik PLN pada perumahan atau setidaknya mengurangi penggunaan listrik PLN, Panel surya juga memiliki instalasi yang lebih mudah dimana umumnya di pasang di atap genteng atau atap rumah dan memiliki sumber energi listrik yang cukup besar selama ada terik mata hari. 



Selain itu panel surya ini juga memiliki beberapa opsi dalam model instalasi dan meiliki berbagai ukuran, mulai dari 50wp hingga 500wp yang menunjukkan sepesifikasi daya yang mampu dihasilkan dan bisa dipasang terhubung langusung dengan PLN atau disebut sebagai ongrid atau dipasang terpisah dengan listrik PLN atau disebut offgird.



Namun tidak semua perangkat elektronik dirumah dapat di hidupkan menggunakan panel surya, hal ini berhubungan dengan beban daya yang dibutuhkan pada perangkat elektronik dan daya yang dihasilkan oleh panel surya itu sendiri. Lalu perangkat elektornik rumah apa saja sih yang biasa di cover oleh panel surya?



Lampu LED 7w - 12w

Lampu led memiliki beban daya yang cukup rendah dan meiliki cahaya yang cukup terang, ada banyak jenis lampu dan lampu led merupakan opsi terbaik untuk dipasang dirumah bagi yang menggunakan panel surya. Pada perumahan biasanya akan terpasang beberapa lampu Led dan tentu semuanya tidak dihidupkan secara bersamaan ketika malam. Lampu teras rumah ada 2 - 3 buah lampu Led lalu ada kamar, dapu dan lampu ruang tamu. masing-masing 1 - 2 buah lampu, jika ditotal daya yang dibutuhkan kira-kira 300w - 400w selama lampu tidak hidup secara bersamaan.



TV Led 42 inch 28w 35w

Pada rumah biasanya terdapat satu buah TV, dan seperti lampu yang saya sebutkan diatas ada banyak jenis TV dan yang hemat energi dan murah adalah jenis TV led, TV jenis ini dengan ukuran 42 inch memiliki daya sekitar 28 watt.



Charger 5w - 30w

Semua orang didunia kemungkinan sudah meiliki smartphone, dan semartphone ini membutuhkan daya untuk mencharger baterai yang ada didalamnya supaya berfungsi dan dapat digunakan. Mencharger smartphone membutuhkan durasi 1 - 2 jam dengan daya yang dibutuhkan sekitar 5w - 30w tergantung jenis smartphone yang dipakai.



Laptop 120w

Selain smartphone untuk menunjang pekerjaan biasanya anda membutuhkan sebuah laptop, daya yang dibutuhkan laptop berkisar 60w - 120w ketika mencharger. Bekerja bersama laptop kesayangan dengan tenang karena mencharger tidak menggunakan listrik PLN, tak perlu memikirkan biaya bulanan.



Kipas Angin Hemat Energi 20w - 30w

Beberapa kipas datang dengan spesifikasi hemat energi, kipas jenis ini cocok bagi orang yang tinggal dengan panel surya. Beberapa model kipas yang memiliki daya hemat energi adalah kipas angin xiaomi mijia, dari pengalaman saya daya yang dibutuuhkan tak sampai 30w ketika mode full dan jika diaktifkan mode auto biasanya hanya 8w saja. Berbeda dengan kipas angin pada umumnya yang bisa menarik daya listrik hingga 100w.













Older Posts