APA ITU SATUAN WP PADA PANEL SURYA


Halo sobat lapakaman, panel surya merupakan alat yang dapat menghasilkan sumber energy melalui sinar matahari. Ini merupakan solusi mudah, ramah lingkungan bagi mereka yang ingin membangun sumber energi listrik secara mandiri tanpa perlu bergantung pada PLN, karena memang panel surya sudah banyak yang jual bahkan beberapa diantaranya diproduksi didalam negeri. Bayangkan jika anda ingin membangun pembangkit listrik sendiri dirumah selain panel surya, apa anda akan menggunakan turbin angin atau lebih memilih menggunakan genset? panel surya merupakan pilihan tepat.



Apa Itu WP?

Ada beberapa istilah yang digunakan pada panel surya yaiti WP singkatan dari Watt Peak, jika diartikan dalam bahasa indonesia memiliki arti Watt tertinggi atau kemampuan tertinggi daya yang dapat dihasilkan oleh panel surya itu sendiri. Lebih jelasnya jika suatu panel surya memiliki sepesifikasi 200WP maka daya tertinggi yang dapat dihasilkan adalah 200 watt. 



Ingat ini daya tertinggi, karena selama proses pengubahan cahaya / radiasi sinar matahari menjadi listrik, panel surya tidak menerima sinar secara optimal, entah karena awan di langit, cahaya matahari yang kurang terik, masih pagi atau sudah sore dimana cahaya matahari sangat sedikit. Hal ini membuat panel surya menghasilkan daya yang naik turun, dari sini juga lah istilah Watt Peak muncul yang menggambarkan kinerja puncak panel surya bukan kinerja rata-rata.



Inverter Untuk Mengubah Arus DC Ke AC (Listrik Rumah)

Selain dari intensitas cahaya matahari, daya yang dihasilkan oleh panel surya juga di pengaruhi kualitas inverter yang merubah arus DC (searah) ke arus AC (arus bolak balik). Selama proses perubahan ini menyebabkan beberapa daya terbuang menjadi panas, yang menyebabkan kinerja panel surya menjadi tidak efektif. Pilihlah inverter kualitas terbaik setidaknya 80-90 % daya yang di salurkan dari panel surya ke inverter dapa diubah ke arus bolak-balik (AC).













Older Posts